Dieng Culture Festival 2016

Dieng Culture Festival 2016

Tidak perlu iri dengan orang-orang yang bisa datang ke berbagai festival keren di luar negeri. Indonesia juga punya festival yang tidak kalah menakjubkan kok, yakni Dieng Culture Festival. Tahun ini, festival yang diadakan di Dataran Tinggi Dieng ini sudah memasuki tahun ketujuh. Rencananya, Dieng Culture Festival 2016 akan diadakan pada tanggal 5-7 Agustus nanti, ketika Indonesia sudah memasuki musim kemarau dan suhu di kawasan Dieng bisa mencapai minus dua derajat celcius!

1. Jazz Atas Awan, Cara Baru Nikmati Jazz

Dieng Culture Festival 2016

(Photo Credit: adhikarahmanto[dot]wordpress[dot]com)

Beberapa tahun belakangan ini, genre musik jazz sedang banyak digandrungi anak muda Indonesia. Coba kalian lihat berbagai festival musik jazz yang diselenggarakan di banyak kota. Salah satu yang paling ditunggu-tunggu adalah Jazz Atas Awan, dan kalian bisa menyaksikannya di Dieng Culture Festival 2016 nanti! Acaranya digelar di bagian timur kompleks Candi Arjuna mulai pukul 20.00 WIB. Di Jazz Atas Awan, kalian bisa menikmati penampilan dari sejumlah musisi jazz tanah air. Pihak Dieng Culture Festival 2016 baru akan mengumumkan lineup penampil pertunjukkan pada Bulan Juli 2016 nanti. Stay tune terus, ya!

2. Menyaksikan Sunrise dari Berbagai Area

Dieng Culture Festival 2016

(Photo Credit: piknikasik[dot]com)

Puas menikmati alunan musik jazz, segeralah beristirahat agar esoknya tidak ketinggalan rombongan untuk menyaksikan sunrise. Panitia memang sudah memasukkan aktivitas satu ini pada jadwal Dieng Culture Festival mereka. Kalian disarankan untuk berangkat dari penginapan masing-masing sejak pukul 02.00-04.00 WIB agar tidak terjebak macet saat mendaki dan dapat menikmati sunrise dengan leluasa. Asyiknya, kalian bisa memilih lokasi sendiri. Dataran Tinggi Dieng memiliki beberapa spot terbaik untuk menikmati sunrise, yakni Bukit Sikunir, Puncak Prau, Puncak Pakuwaja, dan Puncak Pangonan.

3. Keliling Dataran Tinggi Dieng

Dieng Culture Festival 2016

(Photo Credit: telusurindonesia[dot]com)

Jangan langsung kembali ke penginapan setelah menyaksikan sunrise. Pada pukul 07.00 WIB, panitia Dieng Culture Festival telah menjadwalkan acara Jalan Kaki Keliling Kampung di Dataran Tinggi Dieng. Aktivitas tersebut akan diakhiri dengan penerbangan ribuan balon gas dan minum purwaceng, minuman khas Dieng, bersama-sama. Bukan sekadar jalan sehat, kalian juga berkesempatan untuk memenangkan sejumlah doorprize yang telah disediakan oleh panitia Dieng Culture Festival 2016. Titik awal dan akhir Jalan Keliling Kampung berada di Kompleks Gedung Soeharto-Withlam, Dieng.

4. Serempak Terbangkan Lampion

Dieng Culture Festival 2016

(Photo Credit: akangirwan[dot]wordpress[dot]com)

Pada malam harinya, kalian bisa menyaksikan pertunjukkan musik akustik dan stand-up comedy. Sesaat setelahnya, akan ada acara penerbangan lampion pada pukul 21.00 WIB. Kalian pasti tidak akan mau melewatkan acara satu ini! Begitu mendapatkan lampion dari panitia Dieng Culture Festival 2016, jangan buru-buru menerbangkannya agar kalian dan pengunjung lain bisa melakukannya secara serempak. Waktu penerbangan lampion diperkirakan akan memakan waktu 45 menit karena panitia menyediakan 5000 lampion untuk pengunjung yang memiliki tiket khusus. Setelah seluruh lampion berhasil diterbangkan, panitia Dieng Culture Festival 2016 akan menyalakan kembang api untuk semakin memeriahkan suasana.

5. Ritual Cukur Rambut Gimbal

Dieng Culture Festival 2016

(Photo Credit: wego[dot]co[dot]id)

Meskipun hype untuk Jazz Atas Awan cukup tinggi, sebenarnya agenda utama dari Dieng Culture Festival adalah ritual cukur rambut gimbal. Di Dieng, lazim bagi anak-anak untuk memiliki rambut gimbal sebagian. Mereka harus mencukurnya dalam sebuah ritual adat. Sang anak berhak meminta imbalan atas kesediaannya tersebut. Nah, ritual setahun sekali ini dilakukan saat Dieng Culture Festival. Panitia penyelenggara menunjuk sejumlah tokoh setempat untuk mencukur rambut gimbal tersebut, dengan dipimpin oleh pemimpin spiritual Suku Dieng, Mbah Naryono. Selagi ritual cukup rambut gimbal berlangsung di kawasan Candi Arjuna, ada pula pagelaran wayang kulit khusus ritual yang bisa kalian saksikan di area lain.

Karena Dieng Culture Festival 2016 berlangsung selama tiga hari, kalian bisa menginap di Dataran Tinggi Dieng. Panitia bisa menyiapkan tenda atau sleeping bag untuk kalian, namun bersiaplah menghadapi hawa Dataran Tinggi Dieng yang super dingin. Sebagai opsi lain, kalian bisa menyewa jasa homestay yang disediakan oleh beberapa rumah penduduk.



About

EZYTRAVEL.co.id - www.ezytravel.co.id menjadi Online Travel Agent terbesar di Indonesia dan penyedia Tiket Pesawat Murah, Hotel Murah, Paket Tour dan Cruise. Untuk mempermudahkan pemesanan kamu, silahkan hubungi Ezytravel.co.id 24 Jam di ☏ 021-231 6306.


'Dieng Culture Festival 2016' have 1 comment

  1. June 30, 2017 @ 9:37 am Main Yuk ke Festival Menarik di Indonesia yang Menyita Perhatian Turis!

    […] Jangan Lupa Baca Juga : Keseruan Dieng Culture Festival 2016 […]

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

All Rights Reserved ©2014 Ezytravel.co.id