labuan bajo

EzyGuide Labuan Bajo

Berawal dari desa nelayan kecil, kini Wisata Labuan Bajo menjadi destinasi paling dicari oleh masyarakat dunia. Labuan Bajo merupakan pintu masuk utama untuk menuju Taman Nasional Komodo. Jauh sebelum terpilihnya Pulau Komodo sebagai “New 7 Wonders of Nature“, Labuan Bajo memang sudah menjadi incaran banyak wisatawan yang ingin menengok Komodo, hewan purba yang masih tersisa di dunia. Selain itu, Wisata Labuan Bajo juga menjadi pintu gerbang dari salah satu destinasi diving dan snorkeling terbaik di Indonesia.

wisata Labuan Bajo

Labuan Bajo, Indonesia. Sumber : www(dot)beautytour(dot)info

Setiap harinya banyak kapal yang melakukan perjalanan ke Labuan Bajo. Mengangkut para wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk menengok eksotisnya kepulauan di sekitar Labuan Bajo. Selain Pulau Komodo dan Pulau Rinca, beberapa pulau yang sering disinggahi adalah Pulau Bidadari, Pulau Seraya, Pulau Sabolo, Pulau Kanawa dan Pulau Sebayur.

wisata Labuan Bajo

Pulau Sabolo, Labuan Bajo. Sumber : floresmuda(dot)com

Sekarang, Wisata Labuan Bajo bukan desa nelayan kecil lagi. Kini Labuan Bajo terus berkembang dan bergeliat di industri pariwisata. Berbagai pusat bisnis sudah dibangun di sini. Traveler pun tak perlu kesusahan untuk mencari penginapan, tempat makan, operator diving dan pelayaran, serta bank dan ATM. Bagi traveler yang ingin berkunjung ke Taman Nasional Komodo, EzyGuide Labuan Bajo akan memberikan gambaran tentang destinasi berkelas mancanegara ini.

Transportasi ke Jailolo

1. Pesawat

Tak perlu repot berlayar berhari-hari, kini traveler bisa terbang langsung menuju Bandara Komodo, di Labuan Bajo. Akses utama untuk bisa terbang ke wisata Labuan Bajo terdapat di Denpasar, Bali. Dari Bali, traveler bisa terbang dengan menggunakan beberapa maskapai seperti Garuda Indonesia, Lion Air/Wings Air, Sky Aviation dan TransNusa. Selain itu, traveler juga bisa terbang dari kota-kota seperti Kupang, Maumere dan Ende.

2. Kapal Laut

Berhubung Labuan Bajo terletak di ujung barat Pulau Flores, traveler bisa juga melakukan penyeberangan laut dari Pulau Sumbawa di Nusa Tenggara Barat dan Pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur. Biasanya traveler yang melakukan perjalanan darat dari Bali atau Lombok bisa menuju kota Bima terlebih dahulu baru kemudian melanjutkan lagi dengan mini bus menuju pelabuhan Sape, di ujung timur Pulau Sumbawa. Penyeberangan dari Sape menuju Labuan Bajo bisa memakan waktu 8 jam dan biaya penyeberangannya adalah Rp. 46.000.

Berkeliling Labuan Bajo

Batu Cermin Labuan Bajo

Keliling di Labuan Bajo. Sumber : realwow(dot)org

Kota Labuan Bajo tergolong kota kecil. Jika traveler hanya ingin sekedar melakukan city tour, maka bisa berjalan kaki atau bisa juga naik angkutan umum (angkot) yang sering lewat di jalan utama. Selain itu, traveler juga bisa menggunakan ojek. Opsi ini juga cocok jika traveler berjalan sendirian. Jika traveler ingin menjelajahi Labuan Bajo ke setiap pelosoknya, maka disarankan untuk menyewa transportasi pribadi seperti motor atau mobil.

Tempat Wisata di Labuan Bajo

1. Taman Nasional Komodo

wisata Labuan Bajo

Taman Nasional Komodo. Sumber: paradiseintheworld(dot)com

Selamat datang di “Jurassic Park” yang sesungguhnya! Taman Nasional Komodo memang telah menjadi incaran banyak orang di seluruh dunia, termasuk artis Hollywood loh. Sebuah petualangan bertemu dengan hewan purba, Komodo. Tak hanya keajaiban Komodo namun juga keindahan alam yang spektakuler bisa didapatkan di sini. Mulai dari pemandangan pulau-pulau, bukit-bukit savannah, hewan-hewan liar, hingga kecantikan bawah laut yang tak terdeskripsikan oleh kata-kata.

perjalanan ke Labuan Bajo

Komodo. Sumber : bocahgendheng(dot)blogspot(dot)

Jika tujuan utama traveler memang ingin bertemu dengan si “Naga”, maka ada dua pulau yang bisa dikunjungi, yaitu Pulau Komodo dan Pulau Rinca. Dua pulau ini merupakan habitat asli hewan Komodo. Jika memang traveler hanya memiliki waktu yang terbatas, bisa juga hanya berkunjung ke Pulau Rinca karena jaraknya dari Labuan Bajo hanya dua jam dengan kapal motor. Namun jika traveler memiliki banyak waktu dan menginginkan petualangan liar, maka jangan sampai kelewatan juga untuk menjelajahi Pulau Komodo. Waktu tempuh Labuan Bajo ke Pulau Komodo sekitar 4 jam dengan kapal motor. Selama berwisata di Taman Nasional Komodo, jangan lupa untuk mematuhi rambu-rambu yang ada ya traveler.

Labuan Bajo

Pulau Rinca. Sumber : floresexcursiontour(dot)com

Biasanya traveler yang ingin berkunjung ke Taman Nasional Komodo bisa ikut paket boat cruise atau live on board. Jadi dalam beberapa hari, traveler akan hidup di kapal dan berpindah-pindah pulau dan melakukan aktivitas seru seperti diving, snorkeling, kayaking, atau trekking. Selain mengikuti paket cruise, traveler dalam rombongan juga bisa menyewa kapal cepat yang banyak berjejer di pelabuhan Labuan Bajo. Harga sewa kapal cepat ini tergantung berapa lama dan jarak yang ditempuh. Jika traveler hanya ingin berkunjung ke Pulau Rinca, tentu biayanya akan lebih murah ketimbang mesti harus ke Pulau Komodo.

2. Batu Cermin

tempat wisata di Labuan Bajo

Batu Cermin Labuan Bajo. Sumber : www(dot)indonesia-tourism(dot)com

Objek wisata Batu Cermin Labuan Bajo terletak sekitar 4 kilometer dari pelabuhan Labuan Bajo. Asal usul kenapa gua ini dinamakan gua cermin karena terdapat pantulan cahaya di dinding batu yang merefleksikan cahaya-cahaya kecil ke seisi gua. Selain bisa menemukan pemandangan cantik di dalam gua, traveler juga bisa bertemu dengan satwa liar seperti monyet ekor panjang dan babi hutan.

3. Pulau Kanawa

Labuan Bajo

Pulau Kanawa, Labuan Bajo. Sumber : pulau-komodo(dot)com

Jika traveler membayangkan bisa tinggal di pulau yang memiliki pantai indah berpasir putih, berair jernih biru turqois, nyiur melambai pohon kelapa, dan bukit untuk melihat sunset, maka inilah pulau yang dimaksud. Pulau Kanawa merupakan satu pulau cantik yang berada di Kepulauan Komodo. Jaraknya hanya sekitar 1 jam dari Labuan Bajo. Pulau ini memiliki penginapan berupa bungalow yang berjajar di tepi pantai. Aktivitas lain yang cocok dilakukan di Pulau Kanawa ini adalah snorkeling, diving, dan memancing.

4. Pulau Seraya

tempat wisata di Labuan Bajo

Pantai Seraya. Sumber : www(dot)liburankeluarga(dot)web(dot)id

Pulau yang satu ini dekat dengan Labuan bajo. Pada saat surut, traveler bisa melihat langsung kebun cantik bawah laut, terumbu karang. Di Pulau Seraya ini, traveler juga bisa menginap dan menikmati seutuhnya pulau cantik ini. Sehari-hari traveler juga bisa berenang bersama ikan-ikan kecil yang berwarna-warni, snorkeling, hingga diving.

cover credit : floresdiscovery(dot)com

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel, tiket pesawat, dan paket wisata


About

Ezytravel™ – www.ezytravel.co.id menjadi Online Travel Agent terbesar di Indonesia dan penyedia Tiket Pesawat Murah, Hotel Murah, Paket Tour dan Cruise.

Untuk mempermudahkan pemesanan kamu, silahkan hubungi Ezytravel.co.id 24 Jam di ☏ 021-231 6306 atau Line dan BBM


'EzyGuide Labuan Bajo' have 1 comment

  1. August 25, 2016 @ 2:35 pm Pulau Komodo Situs Warisan Dunia | Jalansanasini

    […] Artikel rekomendasi: Labuan Bajo, Si Cantik Dari Timur Indonesia […]

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

All Rights Reserved ©2014 Ezytravel.co.id