Lebaran, Medan punya Bandara Kuala Namu

view of kuala namu airport

“Bandara Kuala Namu akan menjadi Bandara Internasional pertama di Indonesia yang menggunakan akses jalur KA”

Menjelang hari raya lebaran, suasana keramaian mulai terlihat di mana-mana. Kondisi di jalan yang akhir-akhir ini juga dipadati dengan para pengendara yang ingin menikmati berbuka puasa bersama dengan keluarga di rumah juga turut menambah tradisi jelang berbuka puasa. Selain aktivitas di jalan yang bertambah padat, aktivitas yang tak berbeda juga bisa kita jumpai di berbagai bandara di seluruh Indonesia pada umumnya.

Anjlokan penumpang yang melambung tinggi menjelang hari Lebaran semakin menambah lalu lintas udara kian memadat. Belum lagi suasana di sekitar bandara yang dipenuhi oleh para calon penumpang yang hendak pulang ke kampung halamannya atau sekedar berlibur di saat libur lebaran. Sebut saja Bandara Internasional Soekarno Hatta yang menjadi bandara terbesar di Indonesia saat ini sudah mulai terlihat dipadati dengan calon penumpang yang hendak berpergian ke luar kota bahkan ke luar negeri sekalipun. Oleh karenanya setiap bandara-bandara besar di Indonesia perlu meningkatkan pelayanan yang bisa memberikan kenyamanan kepada setiap calon penumpang yang hendak memakai jasa transportasi udara yang satu ini.

kuala namu

Upaya peningkatan kulaitas pelayanan ini terlihat dari bandara internasional Polonia di Medan. Bandara yang terletak sekitar 2 kilometer dari pusat kota Medan melayani penerbangan ke kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Batam, Aceh, Pekanbaru, Surabaya, dll. Dan untuk penerbangan internasional, Bandara Polonia juga melayani penerbangan ke Malaysia, Singapore, Hongkong, Shanghai, Bangkok, dll. Bandara yang dibuka sejak tahun 1928 ini akan ditutup untuk segala aktivitas kebandarudaraan pada tanggal 25 Juli 2013.

Disunting dari situs resmi Bandara Polonia, pemindahan Bandara Polonia ke Bandara Kuala Namu, Kabupaten Deli Serdang karena letak Bandara Polonia dekat dengan pusat kota dan kapasitasnya sudah tidak lagi cukup menampung aktivitasnya yang kian sibuk. Dan untuk tahap awal, Bandara Kuala Namu akan dibangun dengan kapasitas 8 juta penumpang dengan panjang landasan pacu 3.750 meter. Ini dapat menampung aktivitas pesawat sebanyak 10.000 setiap tahunnya. Bandara ini akan didesain modern serta dirancang untuk memiliki akses kereta api dan berfasilitas city check in.

Jika proyek ini telah sempurna diselesaikan, Bandara Kuala Namu akan menjadi Bandara Internasional pertama di Indonesia yang menggunakan akses jalur KA. Pembangunan akses rel kereta api ini dilakukan untuk memudahkan calon penumpang pesawat yang akan berangkat dari Kota Medan. Dengan transportasi darat yang berlaju cepat ini, para calon penumpang bisa sampai lebih cepat di Bandara Kuala Namu, karena jarak tempuh dari pusat kota Medan ke Kuala Namu sekitar 22 kilometer.

PT Angkasa Pura II akan memulai pengoperasian Bandara baru Kuala Namu di Medan ini pada 25 Juli 2013. Bandara baru ini sengaja dirampungkan sebelum hari Lebaran dengan tujuan agar para calon penumpang bisa mendapat pelayanan yang maksimal dengan kondisi fasilitas bandara yang lebih menunjang dari pada Bandara Polonia sebelumnya.

Di saat proses penyelesaian Bandara Kuala Namu ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan sempat meminta PT Angkasa Pura II untuk menunda pengoperasian dari Bandara Kuala Namu. Beliau berpendapat bahwa, apabila mulai dioperasikan menjelang hari Lebaran dikhawatirkan bandara pengganti Polonia Medan ini tidak mampu beroperasi optimal karena masih banyak fasilitas dan infrastruktur dari bandara ini yang belum 100% rampung. Yang beliau khawatirkan jika terjadi kekurangan satu dua hal akan menjadi heboh karena moment lebaran ini aktivitas di bandara memang sangat padat jadi perlu penyempurnaan terlebih dahulu. Selain itu jika dipaksakan beroperasi saat musim padat penerbangan dapat menyebabkan gangguan pelayanan dan kenyamanan penumpang. Hal tersebut nantinya bisa menjadi citra buruk untuk wajah baru Bandara Kuala Namu.

Namun Tri Sunoko selaku Direktur Utama Angkasa Pura II sudah meminta izin kepada Dahlan Iskan untuk mengoperasikan Bandara Kuala Namu pada tanggal 25 Juli 2013 nanti. Beliau menuturkan bila terjadi satu atau dua kekurangan untuk sebuah bandara baru merupakan sesuatu yang wajar karena nantinya pasti ada perbaikan.

Posted by Ezytravel

Pemesanan tiket pesawat ke Medan dan paket wisata dari Ezytravel

Anda punya rencana liburan ke Medan atau ingin merasakan berada di Bandara Kuala Namu di Kabupaten Deli Serdang? Jika Anda tertarik kami bisa membantu untuk merencanakan liburan Anda dengan layanan pemesanan tiket pesawat ke Medan.

Di Ezytravel, kami melayani pemesanan paket wisata domestikpaket wisata internasionalpaket honeymoonpaket tour, selain itu kami juga menawarkan tiket pesawat murah domestik dan internasional, serta reservasi hotel untuk Anda.

Untuk pemesanan dan informasi lengkap, segera hubungi kami di 500833 atau 021 500833 (dari ponsel) atau email ke dwionline@ezytravel.co.id.



About

Si Timur Si TIket MURah dari Ezytravel™ Penguin yang baik hati, Pandai dan suka Traveling yang selalu membawakan Tiket Pesawat Murah, Hotel Murah, Paket Tour Murah dan Cruise Murah. Setiap Si Timur muncul di setiap email Anda maka Ezytravel akan memberikan Harga Termurah untuk semua tiket. Untuk mempermudahkan Anda silahkan hubungi Si Timur Ezytravel 24 Jam di ☏ 500-833.


'Lebaran, Medan punya Bandara Kuala Namu' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

All Rights Reserved ©2014 Ezytravel.co.id