Tugu Pahlawan

Surabaya, Kota Pahlawanku

Kota Pahlawan, begitu sebutan untuk kota terbesar kedua di Indonesia setelah kota Jakarta. Konon nama Surabaya berasal dari cerita mitos tentang perkelahian dua jenis hewan yang sama-sama gagah dan sama-sama kuat, yaitu ‘Sura” yang dalam bahasa Indonesianya berarti ikan Hiu, dan seekor Buaya. Secara filosofi, nama Surabaya dimaknai sebagai perpanjangan dari idiom Jawa yang berbunyi “sura ing bhaya” yang berarti keberanian menghadapi bahaya. Oleh sebab itu, lambang dari kota Surabaya memakai simbol ikan hiu dan buaya yang sering kita jumpai di pusat kota Surabaya. Surabaya memiliki dialek khas Bahasa Jawa yang dikenal dengan “Boso Suroboyoan”.

Kota Pahlawan

Patung Proklamator di Taman Tugu Pahlawan Surabaya. Sumber:koranlangit(dot)wordpress(dot)com

Seperti yang kita tahu, Surabaya terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan karena sejarahnya yang sangat diperhitungkan dalam perjuangan merebut kemerdekaan antara tentara Indonesia dengan penjajah Belanda dalam rangka merebut kemerdekaan. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia dan merupakan simbol Nasional atas perlawanan Indonesia terhadap Kolonialisme.

Untuk memperingati peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya dibangun sebuah Tugu Pahlawan sebagai simbol di mana arek-arek Suroboyo berjuang melawan tentara Belanda yang hendak menjajah Indonesia kembali. Tugu Pahlawan yang terletak  di tengah-tengah kota di Jalan Pahlawan Surabaya, dan di dekat Kantor Gubernur Jawa Timur merupakan salah satu objek wisata Surabaya. Dengan dibangunnya Tugu Pahlawan ini menjadikan tempat tersebut menjadi salah satu ikon dari Surabaya. Dan sebagai destinasi penting jika kalian ke Surabaya. Di bawah tanah lahan Tugu Pahlawan ini terdapat sebuah museum untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang berjuang di Surabaya, terdapat juga foto-foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan. Dan perlu diketahui, hari jadi kota Surabaya ditetapkan pada tanggal 31 Mei 1293, dan di tahun 2012 kota Surabaya memperingati hari jadinya ke-719.

Obyek wisata di Surabaya

Suasana di Tugu Pahlawan. Sumber: manusialembah(dot)blogspot(dot)co(dot)id

Di samping itu, Surabaya yang dikenal sebagai pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan di kawasan Indonesia timur ini memiliki kawasan menarik yang layak untuk dikunjungi karena di setiap kawasannya mempunyai daya tariknya sendiri. Bagi kalian yang gemar melihat atraksi dari beberapa hewan yang berada di kebun binatang, kalian bisa pergi ke Kebun Binatang Surabaya. Dan bagi kalian yang ingin berwisata religi dapat juga mengunjungi Ampel yang terletak di bagian utara Surabaya. Di kawasan tersebut, mayoritas penduduknya berasal dari etnis Arab. Di sana terdapat Masjid Ampel yang didirikan pada abad ke-15. Makam Sunan Ampel terdapat di kawasan ini, dan menjadi tempat ziarah oleh karenanya kawasan ini menjadi daerah kunjungan bagi para wisatawan.

Obyek wisata di Surabaya

Halaman Kebin Binatang Surabaya. Sumber: www(dot)wisatatiga(dot)com

Masih ada yang menarik dari kota Surabaya yang menjadikan Surabaya banyak dikunjungi oleh wisatawan asing. Terdapat beberapa kesenian asli asal Surabaya, diantaranya Ludruk yang merupakan pertunjukkan drama tentang kehidupan rakyat sehari-hari, Tarian Remo berupa tarian selamat datang guna menyambut kedatangan tamu istimewa, dan Kidungan berupa pantun yang dilagukan, mengandung unsur humor.

Kota Surabaya mempunyai sejarah sendiri dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia, dan memang sudah selayaknya Surabaya menjadi bagian dari lahirnya Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November.

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel, tiket pesawat, dan paket wisata


About

Ezytravel™ - www.ezytravel.co.id menjadi Online Travel Agent terbesar di Indonesia dan penyedia Tiket Pesawat Murah, Hotel Murah, Paket Tour dan Cruise. Untuk mempermudahkan pemesanan kamu, silahkan hubungi Ezytravel.co.id 24 Jam di ☏ 021-231 6306 atau Line dan BBM


'Surabaya, Kota Pahlawanku' have 2 comments

  1. November 22, 2012 @ 7:54 am Indonesia Tourism - Wisata Indonesia - Tiket Pesawat

    […] Lihat juga: Bali | Lombok | Jakarta | Surabaya […]

    Reply

  2. August 10, 2016 @ 10:06 am Pasopati 410, Saksi Bisu Pertempuran Laut Aru - Wisata Surabaya

    […] Aru tersebut. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10.000 – Rp 15.000 untuk menonton film Pasopati Surabaya yang berdurasi sekitar 60 […]

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

All Rights Reserved ©2014 Ezytravel.co.id