Tradisi Lompat Batu di Nias, Sumatera Utara

Kebudayaan Khas Nias

Indonesia tak hanya kaya dengan wisata alamnya saja, namun kekayaan Indonesia lainnya juga mencakup kebudayaan yang masing-masing mencirikan asal dari kebudayaan tersebut. Seperti di Nias, tradisi lompat batu atau dalam bahasa aslinya disebut hombo atau fahombo. Bagi kalangan masyarakat pada umumnya, batu digunakan sebagai alat untuk menumbuk atau sebagai hiasan di taman atau bisa juga digunakan untuk bahan dasar membuat bangunan. Tetapi hal lain ditemui dalam masyarakat Kabupaten Nias di Sumatera Utara.

Karena memiliki nilai kebudayaan yang tinggi, gambar tradisi lompat batu ini pernah dijadikan sebagai latar dari mata uang pecahan Rp.1000,00- di era 1992 sebelum diganti dengan gambar Kapten Patimura yang sekarang ini.

Di Nias, tradisi lompat batu ini sudah berlangsung selama berabad-abad. Dalam adatnya, pria yang belum bisa menguasai budaya lompat batu dianggap belum menjadi pria yang dewasa dan belum siap untuk menikah. Perlu diketahui pada dasarnya tradisi lompat batu ini dipersiapkan untuk melatih kaum pria di Nias untuk siap berperang dan membela kampungnya, jika ada konflik dengan warga desa lain. Masyarakat Nias dikenal memiliki karakter keras dan kuat yang diwarisi dari budaya pejuang perang.

Dengan menggunakan pakaian adat, pria ini melompati batu setinggi 2 meter dan harus melakukan pendaratan yang sempurna. Atraksi ini harus dilakukan dengan baik, karena apabila tidak, bisa menimbulkan cedera bahkan patah tulang, jelas sangat beresiko.

Atraksi hombo batu tidak hanya memberikan kebanggaan bagi seorang pemuda Nias tetapi juga untuk keluarga mereka. Pemuda yang berhasil melakukan lompat batu ini, keluarganya akan mengadakan pesta dengan menyembelih beberapa ekor ternak. Ternyata, tidak semua wilayah Nias ada tradisi lompat batu. Tradisi lompat batu hanya ada di wilayah-wilayah tertentu. Untuk melihat tradisi ini secara langsung para wisatawan bisa berkunjung ke Desa Bawomataluo, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara.

Sedikit mengenal Desa Bawomataluo, yang tepatnya berada di daerah perbukitan yang sangat sejuk, oleh karena posisinya yang berada di bukit desa sehingga masyarakat Nias menyebutnya sebagai Bukit Matahari. Karena letaknya yang berada di perbukitan akses menuju Desa Bawomataluo ditempuh melalui anak tangga yang berjumlah sekitar 88 anak tangga yang terbuat dari batu. Dan sesampainya di sana Anda akan melihat pemandangan yang berbeda karena di desa ini mata Anda akan disuguhkan dengan peninggalan-peninggalan pada jaman megalitikum seperti balai musyawarah yang tempat duduknya terbuat dari bebatuan. Selain tempat duduk yang terbuat dari bebatuan, masih ada lagi peninggalan sejarah lain yang sayang jika dilewatkan, yaitu berupa patung-patung yang digunakan sebagai pemujaan. Dahulu, semua penduduk Desa Bawamataluo menganut kepercayaan animisme, jadi seluruh orang menyembah patung-patung.

Setelah melihat hombo batu dan mengamati kemegahan warisan budaya berupa rumah-rumah tradisional, kebudayaan khas Nias lainnya yang dapat Anda saksikan adalah Tari Fataele yang merupakan tari perang khas Nias Selatan.

Pemesanan tiket pesawat ke Medan dan paket wisata dari Ezytravel

Penasaran dan ingin melihat langsung pertunjukkan dari Lompat Batu khas Nias ini? Mari rencanakan perjalanan wisata Anda bersama kami. Ezytravel bisa membantu Anda untuk merencanakan perjalanan wisata Anda dengan layanan langsung pemesanan tiket pesawat ke Medan.

Di samping itu Ezy Travel juga melayani pemesanan paket wisata domestikpaket wisata internasionalpaket honeymoonpaket tour, selain itu kami juga menawarkan tiket pesawat murah domestik dan internasional, serta reservasi hotel untuk Anda.

Untuk pemesanan dan informasi lengkap, segera hubungi kami di (021) 231 6306 pada jam kerja atau email ke dwionline@dwidayatravel.com.



About

Ezytravel™ - www.ezytravel.co.id menjadi Online Travel Agent terbesar di Indonesia dan penyedia Tiket Pesawat Murah, Hotel Murah, Paket Tour dan Cruise. Untuk mempermudahkan pemesanan kamu, silahkan hubungi Ezytravel.co.id 24 Jam di ☏ 021-231 6306 atau Line dan BBM


'Tradisi Lompat Batu di Nias, Sumatera Utara' have 1 comment

  1. July 3, 2017 @ 9:42 am Main Yuk ke Festival Menarik di Indonesia yang Menyita Perhatian Turis!

    […] menarik di Indonesia berikutnya adalah festival budaya nias dimana yang menjadi ciri khas dari budaya ini adalah tradisi melompati batu yang disusun tinggi. […]

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

All Rights Reserved ©2014 Ezytravel.co.id