Kuliner Khas Surabaya

Wisata Kuliner Surabaya yang Wajib Dicicipi

Surabaya, sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia mempunyai karakter yang hampir sama dengan kota-kota besar lainnya. Ada yang bilang, saat traveling ke suatu tempat, jangan lupa untuk mencicipi kuliner-kuliner khasnya, karena kalau belum mencoba makanannya, berarti kalian belum terlalu kenal dengan tempat itu. Nah, ngomongin soal makanan, jangan diragukan lagi. Surabaya juga nggak kalah dengan makanan-makanannya dari kota lain. Banyak sekali kuliner khas Surabaya yang bisa kalian cicipi. Mulai dari yang gurih, asam, sampai manis. Penasaran? Berikut ini 5 kuliner khas Surabaya yang harus dicicipi:

1. Mie Pecun

Kuliner Surabaya

Mie Pecun. Sumber : potret-indonesia(dot)com

Kalian penggemar kuliner khas Surabaya yang pedas? Jangan lewatkan Mie Pecun yang terletak di Jalan Anjasmoro ini. Mie Pecun yang merupakan kepanjangan dari “Mie Pedas Bukan Racun” ini menyajikan mie instan dengan tingkat kepedasan bervariasi. Kalian bisa memilih tingkat kepedasan Pecun Culun (tidak pedas), Semriwing (pedas sedang), Galau (pedas biasa) dan yang terakhir adalah Klimax (super pedas).

Wisata kuliner Surabaya yang satu ini buka mulai pukul 18:00 sampai 02:00 dini hari. Kalian juga bisa memilih mie goreng atau rebus. Selain itu, mie disajikan dengan berbagai bahan pelengkap sesuai selera mulai dari kornet, telur, udang dan lain-lain.

2. Lontong Garuda Pak Gendut

Wisata Kuliner di Surabaya

Lontong Balap Garuda Pak Gendut. Sumber : potret-indonesia(dot)com

Sama seperti rujak cingur, lontong balap juga menjadi kuliner khas Surabaya yang tak boleh kalian lewatkan. Salah satu tempat wisata Surabaya yang menjual makanan ini adalah Lontong Balap Garuda Pak Gendut yang terletak di Jalan Prof. Dr. Moestopo (sebelumnya di Jalan Kranggan).

Tempat wisata kuliner yang telah dirintis sejak tahun 1956 ini sekarang dikelola oleh generasi ketiga, namun rasanya tetap sama. Perpaduan antara lontong, tauge, lento, kuah dan bumbu petisnya sangat pas dan menghasilkan cita rasa yang luar biasa lezat. Kamu juga bisa memesan sate kerang dan es kelapa muda sebagai teman bersantap.

3. Soto Lamongan Cak Har

Kuliner di Surabaya

Soto Lamongan Cak Har. Sumber : potret-indonesia(dot)com

Meskipun bukan merupakan kuliner khas Surabaya, namun Soto lamongan Cak Har ini banyak diminati oleh warga asli Surabaya maupun wisatawan. Berbeda dengan soto lamongan pada umumnya, di sini kuah soto menggunakan santan sehingga lebih kental dan gurih. Selain itu, taburan koya pun menambah nikmat dari soto lamongan ini.

Kuliner Surabaya yang terletak di Jalan Ir. H. Soekarno ini menyajikan soto dengan banyak pilihan mulai dari jeroan, daging ayam, brutu, kulit sampai ceker ayam. Menariknya, pengunjung banyak yang meminta balungan atau tulang ayam. Apa istimewanya tulang ayam ini? Pelanggan di sini senang menyesap tulang yang sudah lunak ini. Balungan ini diberikan secara gratis selama persediaan masih ada.

4. Kepiting Cak Gundul 1992

Tempat Wisata Kuliner Surabaya

Kepiting Cak Gundul. Sumber : rajakamarcom(dot)blogspot(dot)com

Setelah sukses di Pandaan, Pasuruan, Kepiting Cak Gundul 1992 mulai merambah di kota Surabaya. Berlokasi di Jalan Kupang Indah, tempat wisata kuliner ini menyajikan hidangan berbahan seafood yang sama nikmatnya.

Menu populer di sini adalah kepiting asam manis dan kepiting bumbu kare. Selain kepiting, Kalian bisa menikmati sajian dari seafood lain seperti udang, cumi-cumi, ikan dan kerang.

5. Zangrandi Ice Cream

Kuliner Khas Surabaya

Zangrandi Ice Cream. Sumber : potret-indonesia(dot)com

Panasnya Surabaya akan membuat kalian ingin mencari tempat berteduh yang nyaman ditemani sajian yang menyegarkan. Datanglah ke Zangrandi Ice Cream, salah satu pelopor es krim Surabaya yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso.

Kedai es krim yang telah berdiri sejak tahun 1933 ini masih mempertahankan arsitektur Eropa kuno dengan jendela besar, banyak tiang dan kursi rotan. Kalian juga bisa melihat sejarah dan perkembangan kedai ini dari masa ke masa melalui foto-foto lawas yang digantung di dinding selagi menunggu es krim Anda siap diantar ke meja.

Menu populer di sini adalah Noddle Ice Cream. Es krim ini bentuknya mirip dengan mie dan disajikan bersama taburan kacang, pasta cokelat dan buah cherry segar. Ada cara lain bagi Anda yang ingin menikmati semua rasa es krim dalam satu tempat, pilih saja paket Love Deal. Paket ini menyajikan lima rasa es krim mulai dari cokelat, stroberi, rasberry, mocca sampai coconut dalam satu wadah berbentuk hati. Kuliner Surabaya kalian semakin mantap loh!

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel, tiket pesawat, dan paket wisata


About

Ezytravel™ - www.ezytravel.co.id menjadi Online Travel Agent terbesar di Indonesia dan penyedia Tiket Pesawat Murah, Hotel Murah, Paket Tour dan Cruise. Untuk mempermudahkan pemesanan kamu, silahkan hubungi Ezytravel.co.id 24 Jam di ☏ 021-231 6306 atau Line dan BBM


'Wisata Kuliner Surabaya yang Wajib Dicicipi' have 4 comments

  1. April 12, 2015 @ 9:56 am Hidayah Sulistyowati

    Kangen lontong balapnyaaa….

    Reply

  2. February 26, 2016 @ 3:53 pm 15 Pilihan Tempat Kuliner Murah Meriah di Surabaya - Job-Like | Magazine

    […] Sumber: jalansanasini […]

    Reply

  3. August 9, 2016 @ 4:39 pm Pasopati 410, Saksi Bisu Pertempuran Laut Aru - Wisata Surabaya

    […] Artikel rekomendasi: Wisata Kuliner Surabaya yang Wajib Dicicipi […]

    Reply

  4. June 28, 2017 @ 2:56 pm Mampir Yuk!! Ini Dia 5 Rekomendasi Tempat Kuliner di Surabaya

    […] makanan Indonesia yang sederhana namun lezat maka tentunya Nasi Empal Pengampon adalah destinasi kuliner murah di Surabaya yang cocok untuk Anda datangi. Di sana Anda bisa menikmati menu makanan nasi […]

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

All Rights Reserved ©2014 Ezytravel.co.id